You need to enable javaScript to run this app.

Mahasiswa STAH "Kuliah" di UPT TBM

  • Jum'at, 13 Mei 2022
  • Berita
  • Administrator
  • 0 komentar
Mahasiswa STAH

KUNJUNGAN - Ketua Prodi Pariwisata, Budaya dan Keagamaan STAH Dharma Sentana

Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Dharma Sentana Sulteng memboyong mahasiswanya melihat koleksi yang ada di UPT Taman Budaya dan Museum (TBM) Provinsi Sulawesi Tengah di Palu, Jumat 13 Mei 2022.

Mahasiswa dipimpin Ketua Prodi Pariwisata, Budaya dan Keagamaan STAH Dharma Sentana, Dr I Nyoman Slamet S.Pd M.Si dengan Dosen Pengampu, Sitti Norma Mardjanu SH. M.Si, MH.

Slamet menjelaskan sengaja membawa mahasiswa ke UPT TBM untuk mengenal sejarah dan budaya daerah melalui koleksi museum. Sebab menurutnya museum menjadi tempat yang tepat mengenal benda-benda bersejarah yang ada di daerah ini.

“Kami ingin memperkenalkan bagaimana sebenarnya museum itu bukan hanya tempat menyimpan barang, tapi sesungguhnya tempat mengenal sejarah yang berkiatan dengan tugas mata kuliah,” jelas Slamet.

Dia mengatakan yang mengikuti kunjungan ke UPT TBM merupakan mahasiswa jurusan pariwisata budaya. Diharapkan mahasiswa STAH setelah kunjungan tersebut bisa membantu mempromosikan UPT TBM.

Adapun Slamet dan mahasiswa beserta rombongan disambut Kepala UPT TBM Provinsi Sulteng. Saat melihat koleksi yang ada, dipandu oleh petugas UPT TBM dengan fokus di Gedung Pameran Tetap 2. Petugas mengenalkan berbagai koleksi diantaranya geologika, biologika, arkeologika, neolitik dan megalitik serta kapak dan gelang perunggu.

Norma selaku dosen pengampu mengatakan mahasiswa yang mengikuti kunjungan terdiri dari beberapa suku dan daerah. Dengan kunjungan ini diharapkan dapat menambah wawasan sejarah dan budaya bagi mahasiswa.

“Anak-anak kita harus mengenal sejarah dan budaya daerah yang ada di Sulawesi Tengah,” ucap Norma.

Dewan Pakar Badan Musyarah Adat (BMA) Provinsi Sulteng, H Suaib Djafar, turut serta dakan kunjugan ini. Senada dengan Norma, menurut Suaib sudah seharusnya mahasiswa sebagai generasi penerus mengenal budaya daerah.

“Tentu juga agar bagaimana mahasiswa bisa menghargai budaya daerah yang beragam, salah satunya Kaili,” ujarnya.

Sumber: Metrosulawesi.id 

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

I Ketut Suparta, S.T., M.Si

- Ketua Perguruan Tinggi -

OM Swastyastu, Selamat datang di official website STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah. STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah sebagai Perguruan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Apakah anda bagian dari STAH Dharma Sentana

Hasil
Banner
Kontak
  • Alamat: Jl. Roviga No. 29
  • Telephon: (0451) 4132233
  • Fax:: (0451) 4132233
  • Email: stah_ds@yahoo.co.id
  • Website: http://dharmasentana.ac.id